HYIPB Bagus

Earngroups.com
CommoditiesCapital

AYO IKUTAN BISNIS DAPAT DOLAR

readbud - get paid to read and rate articles

BURUAN GABUNG

Saturday, February 21, 2009

Berbakti


Mungkin, kalo ngak ada yang ngasih tau kita bahwa kita dulu pernah ada dalam rahim Ibu kita. Bahkan terkadang, yang sudah tau pun sangat sulit untuk mengucapkan kata-kata itu. Sudah seharusnya kita berbuat baik terhadap orang tua (birrul walidain).

Birrul walidain adalah memberi kebaikan atau berkhidmat kepada keduanya serta menaati perintahnya (kecuali yang maksiat) dan mendoakannya apabila telah wafat.
Coba deh temen-temen renungkan… Ibumu rela mempertaruhkan naywanya untuk melahirkanmu ke dunia. Ayahmu mati-matian bekerja siang-malam untuk biaya kelahiranmu. Setelah kamu lahir, mereka curahkan kasih sayangnya untukmu. Mereka bekerja keras untuk memenuhi kebutuhanmu. Membesarkanmu, menyekolahkanmu, dan berusaha membuatmu bahagia. Mereka hanya inginkan kau tumbuh menjadi anak yang soleh.
Tapi, setelah tumbuh besar, tak jarang kita mengecewakan mereka. Masakan yang susah payah Ibu masak untukmu, kau tidak memakannya hanya karena “itu hanya tempe”. Ayah telah susah payah membiayaimu sekolah, tapi kamu hanya bermain-main di sekolah.
Sungguh besar pengorbanan orang tua kita. Islam sangat memperhatikan masalah ini, sebagaimana sangat jelas ditegaskan dalam firman Allah;
“Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) terhadap kedua orang tuanya; Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah, bahkan menyusukan pula selama kurang lebih dua tahun. Maka dari itu bersyukurlah kepada-ku dan kepada kedua orang tuamu, hanya kepada-ku lah kamu kembali”. (QS 31 : 14).

Jelas sudah bahwa berbakti kepada orang tua adalah kewajiban setiap muslim dalam rangka taat kepada perintah Allah. Oleh karena itu, Berbakti yukk…
Banyak cara yang dapat kita lakukandalam rangkaberbakti kepada orang tua. Yang penting adalah berbakti lewat kasih saying.
“Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya, atau keduanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali mengatakan kepada keduanya perkataan ‘Ah’ dan janganlah kamu membentak mereke dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah : Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (QS Al Isra : 23-24)

Dari dua ayat diatas, cara berbakti yang diajarkan Al Quran adalah dengan merawat mereke jika mereka sakit atau lanjut usia, jangan berkata yang menyakiti hati mereka apalagi membentak mereka, ucapkanlah perkataan yang baik-baik, menyayangi mereka dengan sepenuh hati, dan selalu berdoa untuk orang tua.
Jadilah anak soleh yang berbakti kepada orang tua, Oke!!!^^

bY. aLfARISI


No comments:

Post a Comment

Kami persilahkan kepada pengunjung blog ini untuk mengomentari atau memberikan kritik dan sarannya yang membangun untuk kemajuan blog ini